Thursday, October 29, 2015

Gubernur Non Muslim Ini Ternyata Sekolahkan Santrinya Yusril Ihza Mahendra Hingga S3

Tags


Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menceritakan pengalamannya ketika menjabat sebagai bupati untuk Belitung Timur.

Saat itu, almamaternya, Universitas Trisakti, menyatakan bangga atas Basuki yang berhasil menjadi Bupati Belitung Timur.

"Saya bilang ke dia (orang kampus), jangan bangga-banggain saya dulu. Kasih beasiswa dong ke kampung-kampung," kata Basuki saat meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (22/10/2015).

Pihak kampus menyanggupi penawaran Basuki. Syaratnya, Basuki yang menanggung penuh biaya hidup anak-anak yang mendapat beasiswa.

Akhirnya, ada empat anak yang mendapat beasiswa pendidikan S-1 gratis di Universitas Trisakti. Salah satunya adalah siswi lulusan SMA Perguruan Islam Belitung yang didirikan Yusril Ihza Mahendra.

Siswi itu ditawari Basuki masuk Jurusan Teknik Geologi. Basuki menginginkan ada anak didiknya yang seperti dirinya, lulusan Geologi.

Sementara itu, anak-anak lainnya diterima di Jurusan Teknik Industri dan Teknik Mesin.

Hasilnya, dia melanjutkan, empat anak Belitung Timur itu lulus dengan predikat cum laude. IPK mereka 3,8 hingga 3,9.

"Sementara itu, IPK saya pas lulus cuma dapat 2,7. Kalau pinter banget kan akhirnya cuma jadi dosen, dan kalau enggak pintar, pulang, bisa jadi donatur kampus. Saya ini enggak terlalu pintar, tetapi enggak terlalu bodoh juga," kata Basuki.

Anak yang ia didik untuk masuk ke Teknik Geologi Trisakti, kata dia, kini tengah mengikuti ekspedisi kapal di Jepang.

Dia satu-satunya yang ikut ekspedisi meneliti Bumi di bawah laut. Dia juga sedang menempuh pendidikan S-3.

Basuki menginginkan agar hal serupa juga dilakukan oleh RT/RW serta lurah.

"Saya cerita ini bukan riya (pamer), tetapi tolong tumbuhkan semangat menemukan anak pintar di kampung ini, dan ini jadi tugas RT/RW untuk temukan anak-anak tertinggal. Siapa tahu anak-anak di kampung ini ada yang bisa jadi presiden atau profesor," kata Basuki.

Arizal Firmansyah, Pendiri RIZALmedia, sebuah usaha multimedia diantaranya Shooting Video, Fotografi, Kursus Komputer, dll. Baca profil Arizal selengkapnya, klik di sini...

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

Ketik komentar Anda, dan klik Emoticon untuk melihat kode emoticon blog ini.
EmoticonEmoticon